Home About Me Stuff Request

jangan terlalu manjain diri sendiri

halo, tulisan ini diketik h-7 hari aku UTS. dan aku lebih memilih untuk bacot daripada struggling sama matkul-matkulku yang sksnya segede bagong itu. hehe. :(

pernah, gak, denger kalimat dont be too hard to yourself?
aku dari dulu selalu aja mraktekin hal tersebut. berujung rida yang super lemah, ga berani keluar dari zona nyaman, maunya enak terus, apa-apa self reward, ya gitu lah. 
padahal, mungkin, seharusnya kalimat tersebut tuh representasinya ga seperti yang aku praktekin selama ini. mungkin kalimat tersebut dibuat untuk teman-teman di luar sana yang ngerjain apa-apa sendiri, ga pernah ngasih dirinya buat istirahat, semacam gitu kali, ya. tapi rida si gatau diri ini ikutan pake mantra yang menjerumuskan diri sendiri. 

kenapa bisa bilang gitu? 
karena ya.. aku ngerasa nyesel aja selama hampir 20 tahun aku hidup, separuh, bahkan sepenuhnya aku habiskan buat main-main doang. actually thats okay buat main-main karena ur 20s ga bakalan keulang lagi. tapi gimana ya..

kaya contohnya gini deh. kamu move on dari orang lama berapa tahun? berapa bulan? atau bahkan berapa hari? kalau kamu tegas sama diri sendiri, mungkin hitungan minggu bisa lupa. tapi, aku, dengan segala opiniku kalau terlalu galak sama diri sendiri itu ga baik, aku bisa makan waktu berpuluh-puluh minggu, eh tiba-tiba udah setahun aja. 

kenapa? kenapa bisa gitu? ya karena aku terlalu manjain diri sendiri!!!! tiap aku ingat orang lama tersebut, aku malah makin nerusin galaunya pake lagu sedih, baca chat jaman dulu, kek apa sih kalau diingat itu sangat menjijikkan:((( 

itu, itu yang aku maksud terlalu manjain diri sendiri. aku terlalu terpaku sama sebuah mantra kalau moveon itu ga harus cepat. padahal kita tuh hidup terus berpacu sama waktu. kalau ga sekarang, kapan? namanya terpaku sama orang yang udah ilang tuh sangat sangat saaangat menjerumuskan. kita udah hidup di 2022, hampir 2023 malah. sedangkan aku masih hidup sama bayang-bayang 2021 yang emang menyenangkan bagi aku.
ew. sori banget ngetik ginian ternyata lumayan bikin merinding.

jangan nelan mentah-mentah apa yang kamu liat di internet. mereka bilang gapapa, move on itu masalah waktu. jangan dipaksa, nangis aja kalau mau nangis. nanti juga lupa sendiri. love, jangan terpaku sama hal-hal yang bikin kamu nyaman berada di posisi yang nggak mengenakkan. ya, kan? stuck sama orang lama adalah posisi yang nggak mengenakkan, kan? 

nih ya, aku punya banyak banget pilihan buat hidup aku. kita persempit, aku punya opsi a dan b. opsi a adalah aku harus tegas sama diri sendiri, sibukin diri sama apapun yang bermanfaat, dan aku akan move on secepat angin. atau opsi b. opsi b akan bikin aku ngurung diri di kamar, dengerin those stupid sad songs yang malah bikin aku makin susah lupa, dan semua hal yang malah bikin aku jadi makin jelek, soft skillku ga berkembang, sedangkan orang masa lamaku itu udah happy sama lingkungan barunya. 

itu. itu yang aku maksud. aku padahal punya banyak pilihan, tapi kenapa aku harus milih opsi yang bikin diri aku ga berkembang? aku jalan di tempat, bisanya nangis sambil liat spion. so pathetic. :(

setelah berbulan-bulan aku baru sadar, masih banyak banget di sekelilingku yang bisa aku ajak main. aku selama ini udah stuck di zona nyaman, ga berani coba ini-itu. takut banget ngambil risiko. mana sukanya belanja lagi. aku sekarang udah tobat, udah galak sama diri sendiri masalah ginian. kalau tiba-tiba inget beliau, langsung aku marahin! gaboleh inget. ayo alihin sama hal yang bikin aku seneng.

terus, aku nyoba untuk stop ngomongin dia. lucu ga si kalau kita udah selesai lama, tapi kamu doang yang masih cinta? ekwkwkw menurutku itu sangat memalukan ya, harga diriku rasanya udah kekubur bareng sama dinosaurus jaman purba. 
makanya, kalau ada yang nyebut namanya, udah diem aja. jangan diterusin, ntar kamu malah ngomongin kebaikan-kebaikan dia yang bahkan dia aaj ga inget pernah gituin kamu. tapi kamu tiap ngomongin itu malah jadi berbunga-bunga, padahal harusnya kamu inget sama apa yang bikin kalian selesai. bukan inget kebaikan dia dulu. 

aku pas denger mba-mba ngomong gitu langsung deg, karena ngomongin kebaikan dia adalah hobiku yang terbaru. padahal kan itu dulu, ya. sekarang beda lagi. 

terus terus, aku juga berhenti meromantisisasi kegagalanku yang menyedihkan ini. aku sekarang nyoba buat yakinin diri aku kalau aku udah move sepenuhnya, ekting aja seakan-akan i dont give a f bout him, kaya i dont care mau km salto di depan rumah ya terserah. nanti, kepura-puraan itu bakalan jadi beneran kalau aku serius! karena kalau kata orang-orang, fake it til you make it. tuh, dengerin tuh kalimat kaya gitu. bukan kalimat yang bikin kamu makin males buat lupa karena banyak dukungan yang sejujurnya mines. 

apa lagi ya. padahal tadi awalnya bukan mau ngomongin ini, karena aku mau ngomongin aku ngapain aja akhir-akhir ini biar aku keluar dari zona malasku. tapi ngomongin satu buah aja uda cape banget ya ternyata. dah ah, ini beneran mau belajar. bye semua, jangan lupa jaga kesehatan!!!





No comments:

Post a Comment